Mengamati Burung di Lingkungan Kampus

Ketika berada di ligkungan perkotaan, mugkin kehadiran burung tidak terlalu kita perdulikan. Tetapi tidak begitu bagi Tim Pengamat Burung di Kampus UNSRAT (Universitas Sam Ratulangi Manado). Tim ini adalah para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kepencintaalaman yang bernama Mapala Areca Vestiaria Fakultas Pertanian UNSRAT, dan mengamati burung adalah hobi mereka.

Di kampus UNSRAT Manado, selama tahun 2010-2012 tim ini telah mencatat sebanyak 32 jenis burung. Beberapa jenis diantaranya adalah jenis burung pengunjung seperti Cangak Merah (Ardea purpurea), Raja Udang Erasia (Alcedo atthis), Elang Bondol (Halliastur indus), dan lainnya. Beberapa jenis burung penetap yang umum, termasuk satu jenis burung endemik Sulawesi, yaitu Cabai Panggul-kelabu (Dicaeum celebicum). Saat ini, tim ini sedang menyusun sebuah publikasi tentang keanekaragaman burung di kampus UNSRAT.

Tags: ,

2 comments

  1. Andrew

Trackback e pingback

  1. Cangak Merah di Kampus UNSRAT | BurungSulawesi
    [...] di kampus UNSRAT burung ini sudah tidak tercatat lagi sejak bulan September 2012 hingga saat ini. Tim Pengamat Burung …

Leave a Reply