Gelatik Jawa (Padda oryzivora)

Padda orizyvoraTerancam di tempat aslinya, umum di tempat lain.

Kalimat di atas memang pantas ditujukan buat jenis burung mungil nan cantik ini, Gelatik jawa atau dalam bahasa Inggeris dikenal dengan Java Sparrow. Penampilannya yang menarik barangkali telah memikat banyak orang untuk menangkap dan memeliharanya. Sehingga mereka semakin terancam di daerah aslinya dan menjadi tersebar hingga ke seantero Indonesia, termasuk Sulawesi.

Di halaman sekitar kantor, di kompleks perumahan Citraland, Pineleng-Manado, biasanya saya melihat mereka dalam kelompok kecil, berdua atau berempat. Tapi kemarin, mereka terlihat ada berenam. Mungkin masih ada kelompok lain di kompleks yang lain. Hanya saja, saya belum pernah mengitari seluruh kompleks perumahan Citraland :)

Penangkapan liar, hilangnya habitat, serta semakin sempitnya ruang bagi pemilik nama ilmiah Padda oryzivora dan jenis endemik Indonesia ini menyebabkan keberadaannya semakin terancam kepunahan.  IUCN Red List telah menggolongkannya ke dalam jenis-jenis burung Rentan (Vulnerable) dan juga telah terdaftar dalam Appendiks II CITES.

Padda orizyvora
 

Tags: , , , ,

Leave a Reply